6 Panduan Menanam Sayur di Kebun buat Pemula

tips menanam sayur

6 Panduan Menanam Sayur di Kebun buat Pemula

Berkebun tumbuhan sayur di rumah dapat jadi metode yang mengasyikkan buat menghijaukan pekarangan sekalian mengirit duit. Sehingga, Kamu tidak butuh menghasilkan banyak duit kala mau menyantap sayur. Tinggal memetik sayur fresh saja kebun sayur Kamu. Tidak cuma itu, Kamu pula hendak menciptakan kalau rasa serta tekstur produk yang ditanam di kebun apalagi lebih baik daripada yang biasa Kamu temukan di toko bahan santapan. Nah, bila Kamu mau mengawali menanam sayur di rumah, ayo ikuti 6 tips menanam sayur berarti buat pekebun pendatang baru berikut ini di lansir dari Better Homes& Garden pada Jumat( 07/ 01/ 2022).

Diawali dari posisi yang kecil

Bila Kamu seseorang tukang kebun pendatang baru, mulailah dari yang kecil. Lebih baik bahagia dengan apa yang Kamu hasilkan di kebun kecil daripada frustrasi sebab komitmen waktu yang diperlukan lahan berkebun sangat luas. Ini pula dapat jadi aplikasi belajar berkebun saat sebelum memutuskan buat berkebun di lahan yang lebih besar. Sehingga bila terjalin kandas panen ataupun kesalahan, kerugiannya tidak sangat besar.

Tanam sayur- mayur yang disukai

Sayur apa yang diperlukan tiap hari ataupun tipe sayur apa yang disukai? Jawab persoalan ini hingga Kamu hendak ketahui sayur apa yang hendaknya ditanam. Bila telah ketahui sayur apa yang hendak ditaman, langkah selanjutnya yakni membeli varietas terbaik, persiapkan proses panen, serta tanam berturut- turut.

Seleksi posisi berkebun

Di mana juga Kamu meletakkan halaman ataupun apa yang Kamu putuskan buat ditanam, terdapat 2 persyaratan bawah yang wajib dipadati ialah ketersediaan air serta sinar. Seleksi posisi yang mempunyai cahaya matahari penuh buat menolong tumbuhan berkembang lebih produktif serta berfontosintesis. Pertimbangkan pula akses airnya, jangan hingga tumbuhan kekeringan.

Rencanakan tata letak kebun sayur Anda

Perhatikan pula tata letak tumbuhan. Terdapat sebagian metode yang dapat diseleksi dikala menyusun tata letak kebun. Semacam row cropping serta instensive cropping.

Tanam di tanah yang subur.

Buat panen terbaik, kebun sayur Kamu memerlukan tanah terbaik yang dapat Kamu bagikan. Tanah yang produktif serta sehat merupakan suatu berarti buat tumbuhan. Ambil sekop serta taruh di tangan Kamu. Apakah rasanya berpasir? Sangat banyak pasir. Apakah itu bubuk? Sangat banyak lumpur. Apakah lengket dikala basah? Sangat banyak tanah liat. Campuran ketiga tipe ini, serta dalam proporsi tertentu, memastikan tekstur tanah kebun Kamu. Tekstur tersebut pengaruhi drainase serta ketersediaan faktor hara.

Bersiaplah buat penangkalan hama serta penyakit

Sebagian permasalahan membutuhkan pemecahan spesial, namun secara universal, ikuti panduan berikut buat menjauhkan hama dari sayur- mayur Kamu:

  1. Setop penyebaran gulma serta bilas jejaknya Gulma bersaing dengan sayur- mayur Kamu buat memperoleh sinar, air, serta nutrisi, jadi berarti buat meminimalkan keberadannya.
  2. Hindarkan dari hewan Hama besar, semacam rusa serta kelinci, bisa mendatangkan malapetaka di kebun yang bisa dimakan. Diperlukan pagar setinggi 8 kaki buat menghindari rusa melompat ke halaman. Pagar butuh diperpanjang 6 inci di dasar tanah buat menghentikan kelinci serta makhluk penggali yang lain menggali jalur masuk.
  3. Tangkal serangga masuk Memetik serangga besar serta ulat dengan tangan( serta menjatuhkannya ke dalam ember berisi air berbusa) merupakan metode yang nyaman serta efisien buat menanggulangi serbuan terbatas. Buat serangga dalam jumlah yang lebih besar, cobalah semprotan sabun insektisida yang bisa Kamu temukan di sebagian besar pusat halaman. Apa juga bahan kimia pengendalian hama yang Kamu pakai, ikuti petunjuk produsen dengan teliti.
admin
admin@petikapel.com
No Comments

Post A Comment