Rekomendasi Wisata Petik Apel di Kota Malang

wisata petik apel

Rekomendasi Wisata Petik Apel di Kota Malang

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang populer menjadi destinasi wisata dalam negeri. Kota ini menyimpan banyak destinasi wisata, terutama wisata alam, yang mampu memanjakan pengunjung dengan harganya yang bersahabat.

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan saat berlibur ke Malang adalah memetik apel. Ya, siapa yang tak kenal apel Malang? Apel Malang adalah ikon kota yang satu ini. Tak heran wisata petik apel Malang sangatlah diminati oleh para turis.

Di Malang, Anda bisa menjumpai banyak kebun buah apel yang juga menyediakan aktivitas memetik apel bagi para pengunjungnya. Di wisata petik apel Malang, Anda bisa memetik dan memakan buah apel sepuasnya. Apel ini juga bisa dibeli untuk dibawa plang sebagai oleh-oleh.

Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai wisata petik apel Malang.

Jenis Apel yang Umum Tersedia

Wisata petik apel Malang adalah jenis agrowisata terpopuler di Batu, Malang. Perkebunan apel di kota ini juga memiliki sejarah panjang, yang bisa ditarik ke era penjajahan Belanda. Dalam kebun apel yang tersebar di kawasan ini, terdapat beberapa jenis buah apel yang umum dijumpai.

Setidaknya ada 5 jenis buah apel yang bisa Anda temui tertanam di kebun-kebun apel ini. Kelimanya bisa dibedakan dari segi rasa dan juga tampilan, yakni apel Manalagi, Wanglin, Rome Beauty, Anna, dan Green Smith. 

1. Apel Manalagi

Apel jenis ini memiliki rasa yang manis dan buahnya memiliki tektur daging agak keras, berwarna hijau kekuningan dan baunya harum. Ini adalah jenis apel yang menjadi ciri khas kota Malang.

2. Apel Wanglin

Apel jenis Wanglin memiliki rasa yang manis dan segar dengan warna kulit hijau. Apel ini cenderung lebih banyak kandungan airnya dan teksturnya renyah.

3. Apel Rome Beauty

Apel jenis ini memiliki rasa yang sedikit asam dan daging buahnya agak keras, dengan warna kulit hijau bercampur merah. Biasanya jenis buah apel Rome Beauty diolah menjadi minuman sari apel.

4. Apel Anna

Anna adalah jenis apel Malang yang memiliki rasa asam manis dengan tekstur buah agak lunak atau masi. Kulit apel jenis ini cenderung tipis, dengan warna merah kadang hijau kekuning-kuningan. Aromanya juga tajam dan bentuknya trapesium.

5. Apel Green Smith

Ini adalah jenis apel dengan rasa yang asam, memiliki banyak kandungan air, sehingga sangat cocok digunakan untuk diolah sebagai minuman berupa jus buah apel. Ciri-ciri apel Green Smith adalah kulitnya berwarna hijau dengan bintik-bintik putih.

Lokasi Wisata Petik Apel Malang

Selanjutnya, yang perlu Anda ketahui adalah beberapa lokasi terpopuler untuk melakukan wisata petik apel Malang. Ada banyak sekali kebun apel yang bisa dikunjungi di Malang. Setiap lokasinya menawarkan pengalaman wisata petik apel Malang yang berbeda-beda aturannya. Namun, ini dia 5 lokasi wisata petik apel Malang terbaik yang bisa Anda kunjungi;

1. Kusuma Agrowisata

Lokasi wisata petik apel Malang yang pertama adalah Kusuma Agrowisata. Kusuma Agrowisata berlokasi di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Malang. Di kebun apel ini, telah dibudidayakan jenis tanaman buah apel malang, anna, manalagi, dan rome beauty. Namun selain memetik apel, pengunjung juga bisa memetik buah jeruk, jambu, dan strawberry dengan.

Kawasan ini juga menyediakan banyak pilihan fasilitas lainnya. Di Kusuma Agrowisata,  setiap pengunjung hanya boleh memetik dan memakan maksimal dua buah apel dan dikenakan biaya tambahan jika ada kelebihan petik. Wisata petik apel Malang di Kusuma Agrowisata dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

2. Kelompok Tani Makmur Abadi

Kelompok Tani Makmur Abadi adalah lokasi wisata petik apel Malang kedua yang bisa Anda singgahi. Kelompok Tani Makmur Abadi terletak di Jalan Raya Tulungrejo 24, Bumiaji, Batu Malang. Tempat petik apel ini menyediakan pohon apel yang berbuah sepanjang waktu.

Pengunjung bisa datang mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Di sini, pengunjung bebas memetik dan memakan apel berapa pun jumlahnya tanpa batasan.

3. Petik Apel Mandiri

Lokasi wisata petik apel Malang yang ketiga adalah kebun Petik Apel Mandiri. Kebun Petik Apel Mandiri terletak di Jalan Raya Junggo Nomor 33, Tulungrejo, Bumiaji, Batu, Malang.

Wisata petik apel Malang di lokasi ini dibuka setiap hari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Berbagai jenis apel tertanam di sini dan bisa dipetik sepuasnya oleh para pengunjung.

4. Petik Apel Green Garden

Kebun Green Garden adalah lokasi wisata petik apel Malang yang keempat. Kebun ini beralamat di Jl. Pangeran Diponegoro, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Green Garden memiliki aturan yang sama, yaitu pengunjung bisa memetik apel sepuasnya selama berada di lokasi. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

5. Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Wisata Petik Apel Agro Rakyat adalah lokasi wisata petik apel Malang kelima. Terletak di Jalan Raya Sidomulyo, Batu, Malang, Anda bisa mengunjunginya mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Jika Anda suka adventure, Anda bisa sekaligus mengambil paket sewa jeep offroad dari kota Batu. Di sini, pengunjung bisa memetik apel sepuasnya. Kebun ini memiliki 4 hingga 5 jenis buah apel yang ditanam.

admin
admin@petikapel.com
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.